Hai teman teman dalam kesempatan hari ini saya akan memposting tentang perkembangan excel dari pertama dibuat sampai excel 2016

1.Excel 1985

Sebagai pengembangan dari Multiplan,pada tahun 1985 Microsoft Corporation mulai merilis Excel dengan tampilan grafis yang dikenal dengan istilah What You See Is What You Get alias apa yang terlihat di layer monitor akan sesuai Dengan apa yang dihasilkan jika dicetak.Program ini dibuat untuk beroperasi di bawah computer Macintosh yang sistem operasinya sudah berbasis grafis.berikut ini adalah beberapa tampilan dari microsoft excel 1985:


2.Excel 1987
    Versi perbaikan ini muncul tahun 1987.Sebenarnya program ini dipersiapkan unutk dapat beroperasi di luar computer Macintosh yang sistem operasinya belum berorientasi grafis.Untuk itulah diperlukan sistem operasi baru Microsoft Windows.Dengan demikian bagi pengguna IBM PC, inilah versi pertama munculnya Microsoft Excel for Windows
3.Excel 1990/Excel 3

        Pada akhir 1990 dirilis Microsoft Excel 3 for Windows.Versi ini menawarkan banyak perkembangan yang sangat berarti,seperti mulai digunakannya toolbar,kemampuan membuat gambar ( drawing tool ),worksheet outlining,dukungan add-in,grafik 3-D,workgroup editing. 
A.Toolbar :Menu toolbar adalah menu yang dilambangkan dalam bentuk gambar yang berfungsi untuk mempercepat suatu perintah. Toolbar mewakili beberapa penrintah yang terdapat dalam menu pull-down. Toolbar dikelompokkan berdasarkan fungsi yang saling berhubungan dan berdekatan, seperti pada menu pull-down. Secara default, toolbar yang aktif terdiri atas toolbar standard dan formatting
B.Drawing toll:Toolbar Drawing digunakan untuk membuat dan menggambar object dalam lembar kerja 
microsoft Excel

C.Add in grafik 3d :  membuat model 3 dimensi pada objek gambar

4.Excel 1992/Excel 4
    mulai merambah pasaran pada musim semi tahun 1992.Munculnya program ini bertepatan dengan makin populernya sistem operasi windows 3.1 dan menampilkan banyak fasilitas baru.Versi inilah yang disebut sebagai first popular version.karena versi ini lebih merespon pekerjaan dan sangat ringan untuk di jalankan di pc
fitur tambahan yang membuat excel menjadi laris dan terkenal adalah fitur macro function ingin lihat fiturnya simak video berikut ini



5.Excel 1994/Excel 5
      Versi ini mulai diedarkan di awal 1994.versi ini membawa segudang pembaruan termasuk mulai dipakainya multisheet workbook ( sebuah workbook yang mampu bersisi lebih dari 1 lembar kerja ).Pada versi ini pula mulai dipergunakan bahasa pemrograman VBA.Di versi ini Excel meninggalkan istilah database dan menggunakan istilah list ( daftar ),dan dilengkapi dengan fasilitas Pivot Table.
pivot table : berfungsi untuk menganalisis dan melaporkan data

6.Excel 7/Excel 1995
   Beredar pada musim panas tahun 1995.Ini adalah versi pertama dari excel 32 bit yang beroperasi di bawah sistem operasi 95.Di sini disertai banyak fasilitas yang memudahkan pemakai,tetapi pada dasarnya tidak banyak bedanya dengan Excel 5.saya juga agak bingug akan versi ini karna excel 6 locat langsung ke 7

7.excel 8/Excel 1997
     Versi ini menawarkan tampilan dan kemampuan baru dari VBA developer.Tampilan toolbar dan menu diperbarui,fasilitas online help,jumlah baris dalam lembar jumlahnya bertambah 4 kali lipat.Excel 97 juga mempunyai file format yang berbeda ( tidak dapat dibuka pada versi sebelumnya ).Dilengkapi dengan Conditional Formatting,Data Validation dan AutoComplete
conditional formating :sangat berguna unutk menampilkan suatu data sehingga mempercepat menganalisis suatu data
auto complete:untuk mempermudah dalam memasukan formula

8.Excel 9/Excel 2000
    Dirilis bulan Juni 1999 untuk menyambut milenium baru .Fasilitas barunya yang cukup signifikan adalah munculnya file format dalam HTML,kemampuan yang disebut self repair dan kemampuan menyimpan objek hingga 12 buah dalam clipboard,sehingga ada istilah multiple past untuk meletakkan lebih dari satu objek dari clipboard.Format filenya masih kompatibel dengan Excel 97.dan excel 9 ini sangat responsive dan ringan di simpan di window saya pun pernah menginstall dan nyaris tidak ada lag.jika ingin melihat contoh video excel 2000 ada di bawah sini

9.Excel 10/Excel 2002
    Dirilis 31 Mei 2001,dan menjanjikan banyak kemudahan bagi pemakainya.Tampilan grafis yang baru,file recover yang menjamin tersimpannya keadaan terakhir suatu file ketika terjadi masalah ( hang ).Fasilitas error checking smart tag yang memberi peringatan jika kemungkinan terjadi kesalahan pada suatu sel.Disediakannya Function Argumen Tool Tip yang akan dapat terhubung dengan help sehingga mampu.menginformasikan apa maksud argument yang harus diisikan pada suatu fungsi Excel.
Disamping versi-versi utama yang disebutkan diatas,Microsoft masih juga mengeluarkan versi-versi perbaikan pada setiap release Excel yang diras mempunyai kelemahan.Sebagai Contoh,Excel 97 disertai SR1 dan SR2 sebagai versi perbaikan.Pada Versi 2002 juga ada perbaikan terutama pada fasilitas Drawing .tapi fitur yang tadi disebutkan hanya di upgrade saja jadi di excel 2002 tidak ada fitur tambahan 

10. Excel 11/Excel 2003
   Microsoft Excel 2003 adalah program aplikasi yang bisa digunakan untuk menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempresentasikan data. Disini kita akan banyak bersinggungan dengan metode pembuatan tabel, formula dan grafik yang sangat dibutuhkan sekali dalam penyusunan data-data penelitian, data usaha dan atau hal-hal lain yang berhubngab dengan fungsi excel dalam kehidupan sehari-hari.
11.Excel 2007
    setelah 4 tahun microsoft akhirnya membuat lagi excel.microsoft telah menghilangkan bug dan error pada saat pengisian formula dan microsoft pun telah memperbanyak fitur fitur terbaru berikut ini daftar fitur terbaru dari excel 2007 :
A.Themes : digunakan untuk mengatur lembar kerja secara keseluruhan. Fitur itu menjadi bagian dari menu Page Layout

B.Conditional Formatting : untuk mengatur format table berdasarkan kondisi tertentu yang berada di menu Home
C.Format As Table: digunakan untuk mengatur pewarnaan table sekaligus memudahkan Anda dalam mengurutkan dan menyaring data. Fitur itu menjadi bagian dari Home
D.Cell Style :Fitur Cell Style digunakan untuk mengatur style table berdasarkan level. Fitur itu menjadi bagian dari menu Home
E.Wrap Text :Fitur Wrap Text memudahkan pengaturan tampilan data atau judul kolom menjadi bentuk multiple line. Fitur itu menjadi bagian dari menu Home
F.Chart: Pembuatan grafik menjadi lebih mudah dengan adanya Chart yang tergabung dalam Ribbon pada menu Insert. Fitur itu menyediakan beragam pilihan chart dalam bentuk 2 dimensi ataupun 3 dimensi
G.PDF: Sama seperti aplikasi Microsoft Word 2007, Microsoft Excel 2007 juga memiliki kemampuan untuk menyimpan file dengan format PDF
H.XML: Format file Microsoft Excel 2007 secara otomatis tersimpan dalam ekstensi xls yang menunjukkan format file berbasis XML. XML memiliki kemampuan lebih kecil dalam kompresi file
I.Fasilitas Undo: bisa digunakan untuk membatalkan perintah hingga 100 langkah aksi kesalahan perintah sebelumnya
Menurut saya excel 2007 merupakan versi terlaris dari excel

12.Microsoft Excel 2010
memiliki banyak pengembangan dan berbagai kelebihan daripada edisi sebelumnya seperti adanya fitur berbasis awan yang dapat menyimpan dokumen, data, dan informasi penting langsung ke internet .  Pada Microsoft Office 2010 ini, kita akan melihat beberapa perbedaan yang signifikan jika dibandingkan dengan Microsoft Office 2007. Bagi kebanyakan orang yang sudah akrab dengan antarmuka Office 2007, pada awalnya mungkin akan merasakan sedikit kesulitan ketika memulai aplikasi ini.
Fitur baru yang paling signifikan pada Office 2010 ini adalah browser berbasis Word, Excel, PowerPoint dan Onenote. Ruang harddisk yang dibutuhkan untuk menginstall aplikasi ini sangat besar, sekitar 1.5 Gb..
Perubahan-perubahan yang ada di Office 2010 ini pada umumnya terdapat pada tombol office, sebuah tombol baru yang hanya baru ada di aplikasi ini. Tombol ini juga dapat digunakan untuk mengakses file, dan opsi untuk print dan share. Tampilan ini juga menyediakan informasi mengenai dokumen yang sedang dibuka, termasuk hak akses untuk mengedit.
Sekarang Outlook mempunyai fitur yang disebut Quick Steps yang memungkinkan para pengguna untuk menggabungkan beberapa langkah dengan hanya satu klik dalam cara yang sama untuk satu macro, misalnya Quick Steps yang sudah siap dikombinasikan untuk membalas pesan dan menghapus tindakan yang sudah dilakukan. Para pengguna dapat menentukan sendiri Quick Steps tersebut dari daftar tindakan, yang mencakup kemampuan untuk memindahkan email ke dalam folder yang ditentukan.
Fitur penting lainnya dari Office 2010 ini adalah Enhanced Collaboration, atau peningkatan kerjasama. Maksudnya, Word, PowerPoint dan OneNote dapat dilakukan oleh beberapa pengguna secara bersamaan dalam satu dokumen, tetapi fitur ini memerlukan akses ke SharePoint untuk pengguna bisnis atau Windows Live untuk konsumen.
Apa Yang Baru Di Microsoft Office 2010 ??
Fitur Umum Microsoft Office 2010 :
Ribbon. Ribbon adalah "papan" menu yang ada di bagian atas semua aplikasi office. Dulu tak semua aplikasi memiliki "papan" ini. Sekarang Microsoft membuatnya tampil di semua aplikasi dan diperbarui. Saat kita mengakses teks, Ribbon akan menyorot menu yang berkaitan dengan teks dan pengelolaannya. Juga saat mengklik gambar, Ribbon akan menyorot menu yang berhubungan dengan pengelolaan gambar.
Backstage. Ini dilahirkan untuk menggantikan tampilan menu file tradisional. Sekarang, pengguna aplikasi apa pun di Office 2010 bisa menampilkan berbagai informasi yang berhubungan dengan dokumen, termasuk submenu untuk membagi dokumen itu ke dalam jaringan, memproteksi dokumen, dan mencetak dokumen.
Prapeninjauan untuk Paste. Setelah menyorot dan mengkopi, office akan menampilkan pilihan melakukan paste dalam layar prapeninjauan. Kita bisa memilih untuk mem-paste teks saja, gambar saja, atau keduanya. Ini berlaku untuk semua aplikasi Office 2010.
Pane Navigasi. Ini adalah tampilan jendela tambahan di dalam dokumen yang membuat pengguna bisa memilah-milah isi sebuah dokumen agar lebih mudah ditelusuri, terutama dokumen yang panjang. Pengguna bisa memilah-milah isi dokumen ke dalam bab demi bab. Fitur ini diadopsi dari PowerPoint.
Sunting Gambar dan Video. Ini adalah salah satu fitur yang menarik. Microsoft memungkinkan gambar yang ada dalam dokumen, baik dalam aplikasi Word, Excel, PowerPoint, atau OneNote, bisa disunting langsung di tempat. Jadi, tak perlu menyalin gambar itu ke aplikasi pengolah gambar, seperti Paint atau Photoshop. Penyuntingan video juga bisa dilakukan dengan cara yang sama.
Aplikasi Web. Ini adalah pengembangan office versi Internet yang sebelumnya sudah ada di Windows Live. Dulu dokumen office hanya bisa dibaca, kini dokumen (Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote) sudah bisa disunting. Dokumen juga bisa ditampilkan di peramban, di komputer, dan di layar ponsel berbasis Windows Mobile 6.5.
OneNote. Sekarang OneNote ada di sebuah paket Office 2010 untuk konsumen. Ini adalah aplikasi tempat kita bisa meletakkan apa saja, dari rekaman audio/video, teks, gambar, sampai tautan.
13.Microsoft Excel 2013
ikmati cara baru untuk mengeksplorasi data Anda lebih intuitif, memvisualisasikan, menganalisis, dan menampilkan hasil dengan satu klik, demikian yang ditawarkan dalam Excel 2013. 
Fitur-fitur baru dalam Office Excel 2013 diantaranya:
A.Template baru pada new document
Sajian awal yang muncul ketika Anda pertama kali ingin menggunakan Ms. Excel 2013 adalah pilihan template yang telah disediakan. Ms. Excel 2013 menyajikan template terkemuka yang secara cepat dapat Anda pilih. Template tersebut seperti desain laporan finansial, analisis tren, movie lists, dan lain-lain. Tampilan ini akan terbuka ketika Anda ingin membuat dokumen Excel yang baru.
B.Dukungan layanan online
Sama seperti kelebihan pada Ms. Word 2013, Ms. Excel 2013 juga terintegrasi dengan layanan online, tepatnya layanan penyimpanan online milik Microsoft yaitu skydrive. Dengan cara ini Anda dapat menyimpan file dokumen Excel ke SkyDrive serta membuka file di SkyDrive pada Ms. Excel 2013.
C.jaminan privasi document
Karena Ms. Excel 2013 mengenai masalah data dan angka sehingga sangat sensisitif terhadap berbagai resiko keamanan yang mengancam, akhirnya Ms. Excel 2013 didesain dengan fitur baru yang bernama Check Out yang berguna untuk melindungi dari berbagai aktivitas editing dokumen.
D.Share document mudah
Pada umumnya jika Anda harus membagikan dokumen Anda ke orang lain harus menggunakan fasilitas email atau cloud storage, namun dengan Ms. Excel 2013 Anda langsung dapat membagi-bagikan file Anda kepada teman-teman di Facebook ataupun media jejaring sosial lain. Bahkan link untuk dokumen Anda pun langsung tersedia ketika ingin berbagi dokumen secara langsung.
E.engolahan chart yang mudah
Ms. Excel 2013 semakin memudahkan pengguna untuk mengolah chart atau grafik yang akan digunakan. Semua fitur dan setting properties dari setiap chart yang akan dimunculkan dalam Ms. Excel 2013 lebih mudah dikelola sesuai keinginan pengguna.
F.Cari dan input video-gambar online
Anda tidak perlu pusing-pusing lagi jika ingin menambahkan gambar pada dokmen excel Anda sementara komputer Anda tidak memiliki gambar yang Anda mau. Karena Ms. Excel 2013 sudah menyajikan fitur pencarian dan memasukkan gambar dan video online yang terintegrasi dengan Office.com, Bing Image Search, serta SkyDrive.
G.office apps
Sama seperti Ms. Word 2013, Ms. Excel 2013 juga memiliki apps yang dapat meningkatkan produktivitas Anda dalam mengolah dokumen. Apps tersebut seperti Mini Calendar, Bing Maps, dll.
14.Microsoft Excel 2016
    Finally ini adalah versi terbaru dari microsoft excel yaitu 2016 aplikasi ini terasa baik menurut saya karena microsoft telah memberbaiki semua bug yang ada di microsoft excel 2013 dan aplikasi ini terasa smoth saat digunakan bahkan saya bisa membuka 4 excel sekaligus tanpa la.microsoft pun menambahkan banyak fitur menarik berikut ini fitur terbaru excel 2016
1. Co-Authoring
Dengan fitur Co-Authoring para pengguna kini bisa bekerja dengan orang lain secara bersamaan mengerjakan sebuah dokumen (Word, Powerpint, Excel)  terlepas dari perangkat yang digunakan.
2. Integrasi dengan Skype
Skype in-app integration yang tersedia dalam bentuk aplikasi maupun melalui Office online memungkinkan pengguna untuk melakkukan chatting, screen share, serta talk atau video chat langsung dari dokumen yang sedang dikerjakan.
3. Integrasi OneDrive
Microsoft mendesain Office 2016 sebagai aplikasi yang terintegrasi dengan cloud storage. Dalam hal Microsoft menyediakan SkyDrive dan SharePoint.
Opsi ini bisa Anda manfaatkan jika ingin share dokumen secara online dengan pihak lain. Jika Anda memilih menggunakan SkyDrive, detil dari akun Anda akan ditampilkan di pojok-kiri atas, baik padaapp screen maupun start screen untuk masing-masing aplikasi.
Dengan klik pada detil akun tersebut Anda bisa berpindah akun sekaligus mengaturnya. Ketika Anda menyimpan sebuah dokumen, worksheet atau presentasi, secara default aplikasi akan menyimpannya ke akun SkyDrive tetapi tentu saja Anda bisa dengan mudah mengubahnya ke local disk.
4. Smart Lookup
Dengan Smart Lookup, Anda dapat memeriksa fakta atau jelajahi istilah dalam dokumen dengan Pencarian Cerdas yang didukung Bing.
Cukup sorot istilah dalam dokumen dan gunakan fitur ini untuk menghadirkan hasil pencarian dari web langsung ke dalam lingkungan baca atau penulisan Anda.
5. Sinkronisasi dengan Perangkat Lain
Ketika Anda menyimpan sebuah dokumen Office 2016 di cloud, maka dokumen tersebut nantinya bisa Anda akses melalui perangkat lain. Anda bisa mengaksesnya baik melalui komputer, tablet atau via WebApps.
Dalam hal ini, Microsoft telah melakukan upgrade WebApps untuk Word, Excel, OneNote dan PowerPoint dengan tampilan baru.
6. Data Loss Prevention
Dalam Word, Powerpoint, Excel, dan Outlook akan mengurangi resiko hilangnya atau bocornya daa rahasia dengan berbagai fitur yang dimiliki IT administrator untuk mengatur kebijakan penulisan dan pembagian dokumen.
7. Clutter
Clutter memudahkan pengguna untuk mengakses email lebih cepat. Fitur ini mempelajari kebiasaan pengguna memprioritaskan email dan menaruh email dianggap kurang penting di folder terpisah.
Dengan bantuan Clutter, Microsoft memberikan daily summary guna memastikan pengguna tidak melewatkan email penting yang dikirimkan pada hari itu.
8. Tell Me
Fitur pintar Tell Me membantu para pengguna untuk menemukan fitur Office atau perintah yang tepat.
Dengan mengetik di kotak ‘Tell Me’, Anda akan diarahkan langsung ke fitur yang diperlukan. Misalnya ketika mengetik ‘Print’,  Tell Me akan menampilkan perintah ‘new print’.
Untuk menggunakannya, di bagian atas ribbon, ketik apa yang Anda cari di kotak ‘Tell Me’. Sementara kita mengetik, sejumlah suggestion untuk hasil pencarian akan muncul. Kemudian, tinggal pilih fitur yang diperlukan.
9. Pilihan Theme Baru
Office 2016 dilengkapi dengan empat macam pilihan theme baru, yaitu white, light gray, dark gray, dan black.
10. Berjalan Maksimal Untuk Windows 10
Kehadiran software Microsoft Office terbaru ini memang telah direncanakan oleh Microsoft untuk mendukung sistem operasi Windows 10 Mobile.
tanggapan saya: dari versi awal hingga akhir excel mampu berkembang dengan baik tapi masih banyak bugs yang terdapat pada progman ini,masalah fiturnya semua berfungsi secara maksilam hanya kadang kadang terjadi eror


    



0 komentar:

Posting Komentar

 
ANANDA DWI SUGIANTO © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top